Selasa, 14 Maret 2017

Bait Keenam


Bait Keenam
Orang yang kurang pengetahuannya sangat terikat pada kata-kata kiasan dari Kitab Suci, yang dimaknai terlalu literal sehingga seolah-olah menganjurkan berbagai kegiatan untuk membuahkan pahala agar dapat naik tingkat sampai surga.
Mereka yang seperti itu sebetulnya menginginkan kepuasan badani dan kehidupan yang mewah atau kekuasaan yang digenggamnya, sehingga mereka mengatakan bahwa tiada sesuatu pun yang lebih tinggi dari kenikmatan yang tiga itu.
Keyakinan yang mantap untuk ber-bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa tidak pernah timbul di dalam pikiran orang yang terikat pada kenikmatan badan dan kekayaan materi serta keinginan untuk berkuasa atas manusia lain.
Pendidikan yang berdasarkan kepada logika pemenuhan materi semata kebanyakan melihat tiga hal saja, yaitu untuk memenuhi kebutuhan badan, pikiran, dan perasaan. Lampauilah ketiga itu,   bebaskan dirimu dari segala hal yang berubah-ubah dan  segala kecemasan untuk meraih keuntungan  dan keselamatan, jadilah mantap dalam diri.

Segala tujuan yang dipenuhi oleh sumur kecil  dapat segera dipenuhi oleh sumber air yang besar. Begitu pula, segala tujuan badan, pikiran dan perasaan dapat segera dipenuhi bagi orang yang belajar tentang jiwa dan mengetahui prinsip dasar Ruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar