Selasa, 14 Maret 2017

Bait Keduabelas



Bait Keduabelas
Ketika seseorang terlalu sering memikirkan obyek-obyek duniawi, ikatan terhadap obyek-obyek itu berkembang, berkembanglah hawa nafsu sehingga timbullah amarah dan takut, serta kesusahan dan penderitaan.
Dari amarah dan kesusahan timbullah khayalan yang lengkap, sehingga menyebabkan ingatan bingung. Bila ingatan bingung maka kecerdasan akal hilang,  dan bila kecerdasan hilang, jatuhlah seseorang ke dalam lautan penderitaan yang tidak logis. Itulah neraka dalam kehidupan di dunia.
Tetapi orang yang sudah bebas dari segala ikatan dan rasa suka atau tidak suka serta sanggup mengendalikan keinginan-keinginan melalui prinsip-prinsip kebebasan yang bertanggung jawab telah memperoleh karunia yang besar dari Tuhan. Itulah Surga dalam kehidupan di dunia.

Surga dan neraka di dunia adalah penggambaran dari akhirat yang nyata bagi manusia. Sementara akhirat setelah kematian, adalah alam yang berbeda. Tentang akhirat sedikit sekali kalian diberikan pengetahuannya sehingga cukuplah kalian berfokus pada kehidupan yang dijalani. Bukankah air mani tidak mengetahui dirinya akan jadi seorang manusia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar